Belanja online atau bisnis online sekarang bukan lagi aktivitas yang aneh bagi masyarakat pengguna internet di Indonesia. Namun tidak jarang aktivitas ini justru merugikan konsumen yang menjadi korban penipuan oknum penjual. sering sekali terjadi banyak penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Contoh yang paling sering adalah melakukan transaksi pembelian namun barang tidak datang atau barang tidak sesuai dengan yang dipesan.
Untuk mengantisipasi aksi penipuan itu ada beberapa tips agar pengguna internet Indonesia bisa berbelanja online secara aman.
1. Sebaiknya konsumen mulai membiasakan diri dengan sistem pembayaran online yang kini mulai lazim digunakan situs-situs e-commerce. Masyarakat Indonesia memang belum terbiasa dengan sistem pembayaran online. Meskipun melakukan transaksi secara online, konsumen Indonesia masih senang melakukan pembayaran offline, seperti setoran tunai ke bank, transfer lewat ATM, bahkan menemui si penjual untuk membayar tunai. Situs-situs e-commerce lebih aman karena keamanan mereka bisa lebih terjamin. Sulit bagi pengelola situs untuk mengawasi kegiatan transaksi maupun keamanannya jika konsumen melakukan pembayaran secara offline.
2. Sebaiknya memaksimalkan fasilitas forum di berbagai media untuk berinteraksi dengan penjual maupun melihat penilaian dari konsumen lain. Sebelum membeli produk, usahakan melakukan kontak dengan pihak penjual dan bertanya tentang produk itu. Konsumen juga bisa melihat komentar atau penilaian dari konsumen lain yang sudah pernah melakukan transaksi dengan penjual yang bersangkutan. Apakah mereka merasa puas atau kecewa, tentunya ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi konsumen.
3. Terakhir, konsumen bisa memilih pihak penjual yang sudah dipercaya oleh pengelola situs.